Kamis, 16 April 2015



Assalamu'alaikum wr.wb

Artikel kali ini khusus untuk cewe-cewe yaa :D
Soalnya tema kali ini akan membahas tentang "nyeri haid" ;)

Bagi cewe-cewe kalo yang lagi menstruasi sering ngrasa nyeri di bagian perut gak sih? Udah tau belum tentang nyeri haid dan penanganannya?? Kalau belum, yuks baca artikel ini :)

Kalian tau gak nyeri haid itu apa sih? Nyeri haid adalah nyeri yang dirasakan seorang wanita ketika mengalami menstruasi dan nyeri tersebut dapat berakibat pada menurunnya kinerja serta berkurangnya aktifitas sehari-hari. Nyeri haid atau dalam bahasa medisnya adalah dysmenorhe merupakan ketidak seimbangan hormon progesteron dalam darah sehingga mengakibatkan rasa nyeri timbul, faktor psikologis juga ikut berperan terjadinya dismenore pada beberapa wanita.

Sebenernya, nyeri haid dibagi menjadi 2, yaitu :
1.   Nyeri haid primer
Didefinisikan sebagai nyeri kram yang berulang dan terjadi saat menstruasi tanpa ada kelainan patologik pada pelvis.Biasanya dimulai saat usia remaja, saat dimana siklus ovulasi mulaiteratur
2.  Nyeri haid sekunder
Didefinisikan sebagai nyeri saat haid didasari oleh adanya kelainan patologik pada pelvis, contohnya : endometriosis. Nyeri haid sekunder terutama terjadi pada wanita berusia 30-45 tahun.
Tanda dan Gejala
a.Nyeri Haid Primer
Berupa rasa nyeri di perut bagian bawah, menjalar ke daerah pinggang dan paha. Kadang-kadang disertai mual, muntah, diare, sakit kepala,dan emosi yang labil. Nyeri timbul sebelum haid dan berangsur hilang stelah darah haid keluar.
b.Nyeri haid sekunder
Nyeri datang ketika terjadi proses yang mengubah tekanan di dalam atau di sekitar pelvis, perubahan atau terbatasnya aliran darah, atau karena iritasi peritoneum pelvis. Proses ini berkombinasi dengan fisiologi normal dari menstruasi sehingga menimbulkan ketidaknyamanan. Ketika gejala ini terjadi pada saat menstruasi, proses ini menjadi sumber rasa nyeri. Secara umum, nyeri haid timbul akibat kontraksi disritmik miometrium yang menampilkan satu gejala atau lebih, mulai dari nyeri yang ringan sampai berat di perut bagian bawah, bokong, dan nyeri spasmodik di sisi medial paha.
Kalian udah tau belum bagaimana nyeri haid dalam tubuh kita itu terjadi?? awalnya itu dari prostaglandin. Prostaglandin adalah komponen mirip hormon yang berfungsi sebagai mediator dari berbagai respon fisiologis seperti inflamasi, kontraksi otot, dilatasi pembuluh darah, dan agregasi platelet. Prostaglandin terbentuk dari asam lemak tak jenuh yang disintesis oleh seluruh sel yang ada dalam tubuh. Setelah ovulasi terjadi penumpukan asam lemak pada bagian fosfolipid dalam sel membran. Tingginya asupan asam lemak omega 6 pada diet menyebabkan meningkatnya kadar asam lemak omega 6 pada bagian fosfolipid dinding sel. Pada saat kadar progesteron menurun sebelum haid, asam lemak omega 6 tersebut yaitu asam arakhidonat dilepaskan dan mengalami reaksi berantai menjadi prostaglandin dan leukotrien, yang diawali di uterus. Prostaglandin dan leukotrien menyebabkan respon inflamasi, yang akan menimbulkan spasme otot uterus dan keluhan sistemik seperti mual, muntah, perut kembung dan sakit kepala. PGF2α merupakan hasil metabolisme dari asam arakhidonat oleh enzim siklooksigenase, menyebabkan vasokontriksi dan kontraksi dari miometrium, yang menyebabkan iskemik dan rasa nyeri.

Untuk menangani nyeri haid bisa pake terapi tanpa obat loh :
1. Memijat secara perlahan (masase) tubuh secara umum,sering dipusatkan pada punggung dan bahu. Masase dapat membuat pasien lebih nyaman karena masase membuat relaksasi otot.
2. Dengan kompres hangat.
Dilakukan dengan mempergunakan kantong air panas secara konduksi dimana terjadi pemindahan panas dari kantong air panas kedalam tubuh sehingga  akan menyebabkan pelebaran pembuluh darah dan akan terjadi penurunan ketegangan otot sehingga nyeri haid yang dirasakan akan berkurang. Kompres hangat ini dilakukan pada saat nyeri saja dengan suhu yang digunakan adalah 50°C sampai 60°C. di kompres selama 20 menit.
3. Meminum air kelapa
Air kelapa dapat mengurangi rasa sakit saat haid loh. Cara pemanfaatannya yaitu 1gelas air kelapa hijau dan 1 potong gula aren dicampur dan diaduk sampai merata kemudian diminum 2 kali sehari 1 gelas, pagi dan sore, selama 3 hari berturut-turut.

Untuk penangan awal nyeri haid sebaiknya menggunakan terapi tanpa obat dulu ya, kalo rasa nyeri nya belum sembuh juga baru bisa pake obat-obatan yang aman untuk mengurangi nyeri haid. Ini obat-obatnya :
Nyeri haid ringan : aspirin, asetaminofen, propoksifen Nyeri haid berat : prometasin, oksikodon, butalbital
1. Pemberian obat analgesik
Obat analgesik yang sering diberikan adalah preprat kombinasi aspirin, fansetin, dan kafein. Obat obatan paten yang beredar dipasaran antara lain novalgin, ponstan, acetaminophen dan sebagainya.
2. Terapi dengan obat non steroid anti inflamasi
Prostaglandin Endometasin, ibuprofen, dan naproksen, dalam kurang lebih 70% penderita dapat disembuhkan atau mengalami banyak perbaikan. Pengobatan dapat diberikan sebelum haid mulai satu sampai tiga hari sebelum haid dan dapat hari pertama haid.
Beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat menstruasi:
1. Supaya badan gak lemas saat menstruasi, disarankan untuk mengkonsumsi yang banyak mengandung nutrisi. Nutrisi nya bisa didapatkan dari makanan yang mengandung omega 3, asam lemak, magnesium, vitamin E, seng, dan tiamin (vitamin B1) seperti pada jeruk, jagung dan wortel.
2. Hindari kafein. Kurangi asupan kafein (misal pada kopi) karena dapat meningkatkan asam lambung dan usus akan sensitif.
3. Hindari makanan yang banyak mengandung MSG seperti pada makanan siap saji.
4.Perbanyak minum air putih, karena dapat membantu meringankan kembung di peruyt, dan mencegah sembelit yang sering dirasakan saat menstruasi.

Sekian ya, semoga bermanfaat :)

Diposkan oleh : Cinthia R.A
NIM : 1208010055

Sumber referensi :
1.http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/38213/4/Chapter%20II.pdf
2.http://penyebab-nyeri-haid-pdf_2.pdf








3 komentar:

  1. Nama: Abdullah Makeh
    NIM.1208010157
    -Perbedaan dismenore primer dana sekunder itu apa? terus apakah terapi dismenore sekunder itu sama dengan primer?
    ..........Makasih :D

    BalasHapus
  2. Mau tanya nih....kalau misalnya udh haid 7hari lalu berhenti, selang 3 hari haid lagi 4hari.....itu wajar apa gak? Tolong dong solusinya makasih :)
    Suci afiati 1208010073

    BalasHapus
  3. mubarok (1208010031) ini mba saya mau tanya ada temen saya yang bertanya jika haid itu katanya sakit sampe-sampe dia pingsan trus dia mengkonsumsi analgetiknya untuk mengurangi nyeri itu bahaya engga mba makasih

    BalasHapus